Thursday, August 1, 2013

// // Leave a Comment

Filsafat Manajemen

Pengertian Filsafat Manajemen

Filsafat Manajemen adalah bagian yang paling penting dari pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan permasalahan manajerial. Filsafat manajemen memberikan dasar bagi pekerjaan seorang manajer.

Seorang manajer memerlukan kepercayaan dan nilai pokok untuk memberi petunjuk yang sesuai dan dapat dipercaya guna menyelesaikan pekerjaan.

Filsafat manajemen juga memberikan desain sehingga seorang manajer dapat mulai berpikir. Filsafat manajemen sangat berguna karena dapat dimanfaatkan untuk memperoleh bantuan dan pengikut.

Filsafat Manajemen memberikan pemikiran dan tindakan yang menguntungkan dalam manajemen dan membantu kepada sifatnya yang dinamis dan memberi tantangan.

Filsafat manajemen mengandung dasar pandangan hidup yang merefleksikan keberadaan, identitas, dan implikasinya guna mewujudkan efisiensi dan efektivitas dalam pekerjaan manajemen. Untuk merealisasikan tujuan dibutuhkan beberapa faktor pendukung sehingga menjadikan kombinasi yang terpadu antara kepentingan individu atau umum.

Faktor-Faktor Dasar Filsafat Manajemen

Davis dan Filley dalam Ukas (1978) menyebutkan 9 faktor filsafat manajemen, yaitu:

  1. Kepentingan Umum
  2. Tujuan Usaha
  3. Pimpinan Pelaksana
  4. Kebijakan
  5. Fungsi
  6. Faktor Dasar
  7. Struktur Organisasi
  8. Prosedur
  9. Moral Kerja

0 comments:

Post a Comment