Thursday, August 1, 2013

// // Leave a Comment

Pengertian Manajemen

Istilah manajemen telah diartikan oleh banyak pihak dengan cara pandang yang berbeda-beda. Ada yang mengartikan sebagai pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan, pemimpin, ketatapengurusan, administrasi, dan lain-lain. Pengartian istilah manajemen itu diwarnai oleh latar belakang pekerjaan mereka sehingga arti manajemen pun bisa berbeda-beda. Bahkan, para ahli pun memiliki pengertian manajemen yang berbeda-beda.

Berikut batasan manajemen menurut beberapa ahli:

John D. Millet
Management is the process of directing and facilitating the work of people organized in formal groups to achieve a desired goal.

James A.F. Stoner
Management is the process of planning, organizing, leading, and controlling the efforts of organization members and of using all other organizational resources to achieve stated organizational goals.

Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard
Management is working with and through individuals and groups to accomplish organizational goals.

Ada yang memandang manajemen sebagi ilmu. Ada juga yang memandang manajemen sebagai seni. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila kita mengartikan manajemen sebagai berikut:

Manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

0 comments:

Post a Comment